“Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Model Pembelajaran Pada Masa Covid19”.

Wabah covid-19 yang terjadi sejak Maret menyebabkan kegiatan pembelajaran tatap muka di kelas harus berubah dan dilakukan secara daring (Pembelajaran Jarak Jauh). Pembelajaran yang dilaksanakan dibatasi oleh tatap maya (waktu minim), perangkat, bergantung pada kuota dan akses internet. Oleh karena itu pelonggaran kurikulum yang adaptif merupakan sebuah keniscayaan.

Terlaksananya adaptasi kebiasaan baru dilingkungan pendidikan terutama yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, maka perlu adanya persiapan. Kami segenap Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan menyelenggarakan In House Training tentang Pembelajaran Kurikulum 2013 dimasa Pandemi Covid-19 diselenggarakan pada tanggal 26 – 28 Agustus 2020. Alat dan perangkat yang berkaitan dengan kegiatan ini dipersiapkan secara optimal untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Tema pada kegiatan ini adalah “Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Sebagai Model Pembelajaran Pada Masa Covid19”.

Kegiatan In House Training (IHT) yang kami selenggarakan mengacu kepada  UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, PP No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Permendikbud No.54 Tentang Standar Kompetensi Lulusan, Permendikbud No.65 Tentang Standar Proses, Permendikbud No. 28 tahun 2016 Tentang tim Penjaminan Mutu Pendidikan, Kalender Pendidikan tahun 2020/2021, Program Kerja Bidang Kurikulum Tahun Pelajaran 2020/2021.

Adapun maksud diselenggarakannya kegiatan In House Training (IHT) tahun 2020/2021 adalah memberikan persamaan persepsi tentang pembelajaran Daring yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19 dan membuat RPP daring yang memuat materi esensial. Setelah mengikuti kegiatan ini diharapkan tenaga Pendidik siap mengadakan perubahan pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran daring (Pembelajaran Jarak Jauh) dan dapat menghasilkan  RPP yang sesuai dengan pembelajaran jarak jauh serta memuat materi yang esensial sebagai tujuan kegiatan ini.

Tempat diselenggarakannya kegiatan ini di Aula sekolah SMPN 37 Bandung, dengan dibawah komando Raya Suryana, S.Pd, M.M. sebagai Kepala SMPN 37 Bandung dan di ikuti oleh segenap Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Hadir tamu undangan dan Narasumber Kepala Dinas Kota Bandung Drs.H, Hikmat Ginanjar, M.Si. yang sekaligus membuka acara In House Training (IHT).  H. Nana Hanadi, M.M.Pd. Kasie P3TK Disdik Kota Bandung, H. Asep Syahrudin, M.M.Pd. Koordinator MKPS SMP Disdik Kota Bandung, Drs. Cucu Saputra, M.M.Pd Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Bandung, dan Jalaludin, S.Pd., M.M. Pengawas Pembina Disdik Kota Bandung, mereka semua sebagai Narasumber.

Kegiatan ini sangat luarbiasa dan sangat penting karena ditengah kondisi pandemik covid-19 yang sangat berpengaruh pada sektor pendidikan khususnya kegiatan belajar mengajar di SMPN 37 Bandung. Kami sangat menaruh harapan besar adanya formula atau cara yang mudah, murah, efektif, dan efisien dalam menyampaikan pembelajaran terhadap peserta didik melalui system daring ini.

“Kami sangat bangga dan terharu pelaksanaan In House Training (IHT) bisa berjalan dengan baik dan luarbiasa mengingat para pemateri penting semua hadir dan tidak diwakilkan”, ucap Hj. Iyan Suryani, M.Pd. beliau juga menambahkan “bahwa kita sebagai pendidik sangat  membutuhkan pengarahan ini terlebih semua pemateri adalah orang yang sangat kita perlukan terlebih dari segi kebijakannya.”

Semoga setelah selesai kegiatan In House Training (IHT) ini, kami segenap Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMPN 37 Bandung bisa melaksankannya, khususnya pada kegiatan belajar mengajar. Semoga ide dan terobosan baru bisa dilaksanakan dalam menyampaikan pelajaran dan bisa diterima dengan baik dan mudah oleh peserta didik.

 

Tim Redaksi: Danu Umbara, S.Pd. Sriwulan Mugi Handayani, ST 

Editor          : Faridah Aini, S.Pd, M.M.Pd